Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGGUNAAN SOFTWARE GRAPHMATICA


A.    PENGENALAN GRAPHMATICA

Graphmatica merupakan software yang dibuat oleh Keith Hertzer yang fungsi utamanya untuk membuat grafik fungsi. Tentu saja tujuan khusus penggunaan software ini ditujukan untuk pembelajaran matematika. Grafik fungsi yang dapat digambar dengan software ini antara lain grafik fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi polinom, lingkaran, dll. Graphmatica yang akan dijelaskan pada sesi ini adalah Graphmatica 2.0h yang dirilis pada 14 Agustus 2011. Secara umum software graphmatica terdiri dari beberapa bagian, diantaranya titlebar, menubar, toolbar, fuctionbar, graph layout dan coordinate statusbar. 
berikut tampilan graphmatica : 

ENGGUNAAN GRAPHMATICA

1.      Fungsi Kuadarat
 
Untuk membuat garis persamaan kuadrat kita menuliskan pangkat dengan tanda “^”. Sebagai contoh kita akan membuat grafik persamaan kuadrat  . Berikut langkah - langkahnya :
1)      Masukkan  fungsi pada functionbar dengan menuliskannya menjadi y=x^2+5x+6
2)      Tekan enter atau klik toolbar Draw Graph
3)      Terbentuk grafiknya
4)      Jika ingin di beri nama pada grafik , ketik edit lalu pilih annotionsi
5)      Jika ingin melihat titik absis dan ordinat dari grafik tersebut, klik view lalu pilih point tables  

1)      Jika ingin mencari  nilai absis atau ordinat jika salah satunya diketahui.
Caranya ketik tools lalu pilih evaluate. Masukkan nilai x atau y maka akan dapat hasilnya.

Fungsi Sin 
menggambar grafik fungsi sinus hampir sama dengan grafik linear yaitu dengan memasukkan fungsi nilai sinus misalkan y = sin x lalu tekan enter.
berikut gambar grafik fungsi Sinus   

2.      Persamaan Linear dengan menggunakan Graphmatica
Misalkan kita ingin mencari: Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear
a)      2x – y ≤1
Dengan kesepakatan himpunan penyelesaiaannya adalah yang tidak diarsir atau pada bagian yang bersih, makamasukkan inputnya 2x – y >=1
b)      3x + y ≤14 , inputnya 3x + y >=14
c)      x – 3y ≤ -2, inputnya x – 3y >=-2
d)      x≥0, inputnya x<=0
e)      y≥0 inputnya y<=0
yang tidak terkena arsir adalah himpunan penyelesaiannya, sesuai dengan kesepakatan awal. Beri nama pada setiap titik titik potongnya, dengan cara klik Edit_annotation_beri nama satu persatu pada titik_klik place.
berikut hasil outputnya
 

3.      Menggambar Koordinat Kutub

Metode koordinat kutub adalah metode untuk menggambarkan titik dengan berpedoman pada jarak titik terhadap titik asal dan sudut yang diukur dari sumbu x positif. Sudut diukur dalam radian dan mempunyai arah berlawanan jarum jam. Sebagai contoh, untuk menggambarkan  r = cos t , kita ketikkan r = cos t lalu menekan enter  

4.      Fungsi Parameter
Metode parameter adalah metode  menggambarkan titik dengan menggunakan peubah ketiga. Untuk memasukkan fungsi parameter, yang dibutuhkan adalah fungsi x(t), titik koma (;), y(t),  dan daerah asal t. Sebagai contoh, untuk  , kita ketikkan x=2cos t; y=3sin t {0, 2pi} lalu menekan enter.
 

5.      Persamaan Diferensial

Graphmatica mempunyai kemampuan untuk mengaproksimasi penyelesaian persamaan diferensial sampai orde keempat. Untuk menggambarkan persamaan diferensial, kita harus menyertakan diferensial (dx, dy, …) sebagai salah satu peubah. Graphmatica menganggap dy sebagai dy/dx. Sebagai contoh, jika kita ingin menggambarkan y’ = 2x, kita dapat mengetikkan dy = 2x lalu menekan enter.
 

Posting Komentar

0 Komentar